Selasa, 07 Februari 2012

Tanjung Aan [Lombok] - Eksotisme Pantai Pasir Merica

Beberapa hari lalu saya bertemu seorang teman backpacker yang baru pulang dari Lombok, dia lalu bercerita kepada saya seputar pengalamannya backpacking di sana. salah satunya adalah perjalanan di Tanjung Aan, dari ceritanya ditambah beberapa informasi lain akhirnya saya memutuskan memposting artikel seputar Tanjung Aan.  Selain kawasan Senggigi dan Gili - Trawangan, Lombok menawarkan alternatif lain bagi kita untuk menikmati keindahan pantai. salah satunya adalah Tanjung Aan atau masyarakat lokal sering menyebutnya sebagai pantai pasir merica.
disebut begitu karena bentuk pasirnya yang bulat besar layaknya merica. airnya yang biru jernih membuat kita amat tergoda untuk berenang.

Tanjung Aan berjarak sekitar 90 menit berkendara dari Mataram, pantai ini terletak berdekatan dengan Pantai Kuta [pantai kuta lombok - bukan pantai kuta yang ada di Denpasar, Bali]. Sepanjang sisi kanan dan kiri Tanjung Aan terdapat bukit-bukit yang menghadang ombak ganas laut selatan sehingga ombak di Tanjung Aan cukup tenang.

Tanjung Aan memiliki pantai yang bersih, warna laut yang biru di padu buih ombak-ombak kecil menciptakan pemandangan yang mempesona, garis pantai sepanjang 1 KM dibatasi dengan bukit-bukit hijau membuat pemandangan Tanjung Aan jadi lebih indah. jika kita naik ke atas bukit kita bisa mendapatkan view yang lebih menarik. Apabila kita mengunjungi Tanjung Aan pada sore hari, kita bisa menaiki bukit yang menjorok ke arah laut sambil menikmati senja yang hening.

Tanjung Aan - Lombok
Pada hari biasa pantai ini cukup sepi sehingga kita bisa lebih menikmati keindahan pantai pasir merica. di bandingkan dengan Senggigi atau Kuta, Pantai Tanjung Aan sangat sepi dan masih terkesan alami. fasilitas yang tersedia di pantai ini juga masih minim. namun itulah yang menjadi keistimewaan Tanjung Aan. Selain menyajikan pemandangan yang indah, suasana tenang dan lingkungan pantai yang alami menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Hanya saja, mungkin karena belum adanya pengelolaan total dari dinas pariwisata, kadang pengunjung bisa terganggu oleh beberapa penjual souvernir yang menjual barang dagangannya dengan cara agak memaksa.

dari cerita teman-teman yang pernah mampir di Tanjung Aan, saya bisa menangkap kekaguman mereka pada keindahan pantai ini.. saya rasa Tanjung Aan merupakan destinasi yang patut dipertimbangkan apabila kita sedang traveling ke Lombok.. :)

0 komentar:

Posting Komentar