Minggu, 19 Februari 2012

Museum Kereta Api Ambarawa [Jawa Tengah]

koleksi museum ambarawa
Museum terbuka ini menempati Stasiun Ambarawa [dulu bernama Stasiun Willem I] di area 127.500 meter persegi. fungsi kereta-kereta ini pada awalnya untuk mempermudah angkutan pasukan Belanda ke Semarang. ada 22 lokomotif dalam kondisi baik di halaman utara dan barat, sebagian pernah berperan mengangkut tentara Indonesia. Bangunan utama menyimpan perlengkapan di dua ruang, satu ruang lain menyatu dengan bagian penjualan tiket. Wisata kereta kuno ini tertata klasik bak ruang tamu Eropa. nuansa tempo dulu sangat di jaga, semua perabotan antik peninggalan jaman dulu tertata rapi dan bersih..
berada di Museum Kereta Api Ambarawa membuat kita merasa benar-benar kembali ke masa lalu.. :)

stasiun ambarawa
kita tidak hanya bisa menikmati peninggalan-peninggalan antik dalam stasiun ambarawa, tapi kita juga bisa menumpang lokomotif uap dan berkeliling sekitar ambarawa sambil menyaksikan panorama alam yang menakjubkan.. ya, ada dua lokomotif yang difungsikan sebagai kereta wisata.. salah satu kereta yang masih beroperasi adalah kereta lokomotif dengan nomor B2502, dengan bahan bakar kayu jati kering, kereta ini menarik gerbong 80 penumpang di jalur sepanjang kurang lebih 18 km.. jarak tersebut ditempuh dalam waktu selama 2 jam melintasi alam pedesaan, melalui kereta ini kita bisa menikmati pemandangan Rawa Pening, Gunung Ungaran, Telomoyo, dan Merbabu. selain itu kita juga bisa merasakan sensasi tersendiri menjadi penumpang sebuah lokomotif klasik yang masih bertenaga uap.

Aktifitas:
  1. Perjalanan wisata kereta uap bergerigi, Stasiun Ambarawa - Bedono [PP 18 km]
  2. Perjalanan wisata kereta diesel, Stasiun Ambarawa - Tuntang [PP 12 km]
  3. Sight - seeing: menikmati koleksi-koleksi kereta api peninggalan Belanda dan berbagai macam benda bersejarah lainnya.
Info lain:
  • Museum Kereta Api Ambarawa terletak di Jalan Stasiun No. 1, Ambarawa - Jawa Tengah
  • Jam Operasional: buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB
  • Tiket: Rp 10.000 s/d Rp 15.000
oh ya, di sekitar Museum Ambarawa juga banyak terdapat kuliner menarik.. salah satunya adalah Serabi Kocor, penyajiannya berkuah dalam tiga rasa -gula jawa, pandan dan asin. harga yang di patok juga relatif murah.. hanya Rp 3.000 per porsi [berisi empat serabi].

0 komentar:

Posting Komentar