Jumat, 03 Februari 2012

HOUSE OF SAMPOERNA - Tempat yang Wajib di Kunjungi di Surabaya

House Of Sampoerna
Museum House of Sampoerna [HoS] merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika anda sedang traveling ke Surabaya. museum ini selain sarat akan nilai seni, budaya, dan sejarah, juga memberikan kenyaman yang istimewa kepada pengunjungnya. kesan Surabaya sebagai kota panas, berdebu, atau bising tidak akan anda temukan disini. suasana House of Sampoerna sangat nyaman, dan mampu mengajak kita untuk kembali. selain mengkoleksi benda-benda penting dalam sejarah Sampoerna dan berbagai koleksi kesenian, museum ini juga memberikan kita tempat untuk bersantai sambil menikmati kopi di The Cafe yang anggun. satu lagi yang perlu dicatat, tidak ada tiket masuk di museum ini. kita bisa menikmati kenyamanan, keanggunan, dan kemewahan yang diberikan House of Sampoerna dengan GRATISSS..


House of Sampoerna juga menyediakan tur keliling kota Surabaya dengan menggunakan sebuah bus, dalam tur ini pengunjung museum dibawa berkeliling kota Surabaya Lama yaitu Tugu Bahlawan, Balai Kota, Pecinan, Kampung Arab, dll. tour yang diadakan House of Sampoerna ini disebut Surabaya Heritage Tour, untuk mengikuti tour ini pengunjung hanya perlu mendaftar pada petugas - TANPA di pungut biaya sepeser pun alias GRATIS! :) tour ini diadakan setiap hari Selasa sampai hari Minggu, setiap hari ada tiga tur yang membawa pengunjung menikmati budaya kota Surabaya yaitu antara jam 09.00 sampai jam 17.00 WIB.

pada tahun 2011, majalah National Graphic Traveler Indonesia mengadakan riset tentang museum terfavorit di Indonesia, museum di Indonesia dibagi menjadi tiga kategori yaitu museum sejarah, museum iptek, dan museum seni budaya. dari tiga kategori tersebut, House Of Sampoerna berada di urutan nomor satu untuk kategori Museum Seni dan Budaya. memang tidak mengherankan House of Sampoerna terpilih menjadi yang pertama.

terpilihnya House Of Sampoerna [HoS] dalam kategori seni dan budaya menunjukkan kesempurnaan pembangunannya bahwa beginilah seharusnya museum, yaitu selalu bisa mengundang pengunjung untuk kembali, bukan sekedar mengajak menikmati koleksi.

Museum sejarah Sampoerna ini menempati bangunan kuno dua lantai buatan tahun 1864 di kawasan Surabaya Lama. Liem Seeng Tee [pendiri Sampoerna], membelinya pada tahun 1913, untuk rumah keluarga dan pabrik pertama.

begitu membuka pintu kayu lebar gedung utama, sambutan sejuk kolam ikan koi kontras dengan hawa Surabaya yang panas. Kepiawaian pemandu mengajak kita menikmati koleksi beralur searah jarum jam di tiga ruang; dari replika warung pertama Liem Seeng Tee, sepeda onthel untuk jualan arang yang dibeli Liem Seeng Tee dengan uang hasil menabung sejak usia 11 tahun (yang diperoleh dari menjadi asongan di kereta); beralih ke ruang kedua dimana terdapat jejak para buruh pabrik yang unjuk prestasi lewat Marching Band Sampoerna.

Deail sangat diperhatikan, seperti penataan ruang, pencahayaan, dll. di lantai dua, toko cendera mata menawarkan kriya khas Jawa Timur. Paviliun keluarga Budi Sampoerna kini jadi Art Gallery bagi karya seniman terkemuka yang diseleksi ketat agar seniman lain bisa belajar. Gedung art deco rumah tinggal utama keluarga Sampoerna kini jadi The Cafe. suasana dalam The Cafe sangat nyaman, ditambah lagi penataan ruang yang anggun dan dekorasi yang pas membuat kita betah berlama - lama disini. The Cafe  menyediakan wisata kuliner yang menarik. di sini terdapat paduan menu khas Indonesia, Asia, dan Eropa. bebrapa menu di The Cafe House of Sampoerna antara lain yaitu Wedang Kayu Manis (minuman hangat kayu manis, jahe, sereh, daun jeruk, dan gula jawa), Surabaya Sunrise (lemon, orange, mango concentrate, dan soda), Nasi Goreng Soka (kepiting), Asam-asam Iga, Nasi Goreng XO, Sob Buntut Goreng, dll. oh ya, jika anda berkunjung ke sini pada hari jum'at atau sabtu, anda akan dihibur alunan lembut live musik Jazz yang diadakan di The Cafe antara jam 19.00 sampai jam 22.00.

Museum House of Sampoerna menceritakan pada kita tentang semangat pantang menyerah Liem Seeng Tee, mengajarkan kita untuk berani bermimpi dan mengejar mimpi dengan penuh keyakinan. seperti yang telah dilakukan oleh Liem Seen Tee. jadi, jika anda sedang traveling ke Surabaya, sempatkanlah untuk mengunjungi House of Sampoerna.. anda akan mendapatkan kesan yang tak terlupakan tentang kota Surabaya. :)

suasana the cafe, house of sampoerna>>

0 komentar:

Posting Komentar