Kamis, 02 Februari 2012

Jalan - jalan ke Blitar [Makam Bung Karno & Candi Penataran]

Ada apa sih di kota Blitar? kali ini ane mau posting tentang wisata religi dan sejarah di Blitar.. yup, di kota ini lah presiden pertama Indonesia di makamkan. Makam Bung Karno di Blitar merupakan tempat yang selalu ramai di kunjungi, baik oleh peziarah maupun oleh wisatawan. terletak di Bendogerit, Kecamatan Sanawetan - Blitar, di Makam Bung Karno juga terdapat sebuah museum tempat koleksi barang-barang peninggalan beliau seperti Keris, Baju Kebesaran, Lukisan Bung Karno, dll. yang paling menarik dari Museum Bung Karno adalah sebuah lukisan Bung Karno, jika anda melihat lukisan tersebut dari sudut pandang tertuntu dan mem-fokus kan mata anda pada jantung lukisan tersebut maka anda akan melihat jantung Bung Karno dalam lukisan masih berdetak!

sudah banyak yang mempertanyakan fenomena ini, kalau kata si penjaga makam lukisan tersebut merupakan lukisan keramat, penjaga makam banyak bercerita tentang hal-hal gaib / mistis soal lukisan Bung Karno tersebut. Bung Karno merupakan orang yang sangat memperhatikan nilai budaya dan banyak mempraktekkan tradisi kejawen yang sarat dengan nilai-nilai mistis / spiritual. karena itu Bung Karno banyak meninggkalkan benda-benda yang dianggap keramat. dan mungkin karena itu pula pengunjung dilarang mengambil gambar dalam museum. tapi dasar jiwa orang Indonesia memang jiwa pemberontak dan tidak mau tunduk sama aturan (hhehehe..) masih banyak yang suka nyolong2 mengambil foto dalam museum. termasuk ane juga sih.. #hehehehe.

di kompleks Makam Bung Karno banyak penjual oleh-oleh dan souvenir khas Blitar, jadi pengunjung selain bisa menikmati pesona mistis makam Bung Karno juga bisa berwisata kuliner atau membawa pulang souvenir khas Blitar.

selain makam Bung Karno, di Blitar juga terdapat beberapa candi peninggalan kerajaan Kediri. salah satu yang terkenal adalah Candi Penataran. candi ini terletak di Desa Penataran Kecamatan Nglegok, Blitar.

Sejarah mencatat Candi Penataran ini dibangun ketika Raja Srengga memerintah kerajaan Kediri. tepatnya pada 1194 Masehi. Candi Penataran dibangun dengan tujuan sebagai tempat pemujaan agar terhindar dari bencana letusan gunung Kelud. Candi Penataran mempunyai relief yang menceritakan kisah - kisah Hindu.

candi penataran
Petugas Candi Penataran mengatakan bahwa setiap purnama, Dewan Kesenian Kabupaten Blitar mengadakan pentas budaya Purnama Seruling Penataran di candi ini. saat festival tersebut digelar komplek wisata sejarah ini sangat ramai oleh pengunjung, baik warga lokal, wisatawan lokal, ataupun asing. hmmmm.. sepertinya sangat menarik, saya sendiri belum pernah menyaksikan festival tersebut. 

relief di candi penataran
Akses menuju Makam Bung Karno dan Candi Penataran cukup mudah, apabilia dari Malang atau Surabaya, kita bisa naik kereta dan turun di Stasiun Blitar. dari stasiun Blitar menuju Makam Bung Karno kita bisa menggunakan Delma. untuk menuju Candi Penataran kita bisa menggunakan angkutan umum. perjalanan menuju Candi Penataran lumayan jauh melewati bukit-bukit..

0 komentar:

Posting Komentar