Senin, 30 Januari 2012

Ketep Pass dan Pesona Air Terjun Kedung Kayang [Wisata Yogyakarta]

Gn.Merapi - view from Ketep Pass
Ketep Pass dan Air Terjun Kedung Kayang berjarak sekitar 2 jam dari Yogyakarta, Ketep Pass merupakan tempat wisata dengan panorama alam yang luar biasa.. sebelum di jadikan tempat wisata, daerah Ketep dulunya merupakan tempat gardu pengamatan aktifitas gunung Merapi. dari Ketep Pass kita bisa melihat secara jelas gunung Merapi, serta pemandangan hijau hamparan lahan pertanian. selain itu, juga terdapat food & coffe corner yang bersih dan nyaman. kita bisa menyaksikan panorama alam gunung Merapi sambil menikmati kopi dan jagung bakar. di Ketep Pass juga terdapat fasilitas edukasi seperti Ketep Volcano Centre dan Ketep Vulcano Theater.

view form Ketep Pass
Ketep Volcano Center merupakan Museum Vulkanologi yang mengkoleksi berbagai dokumen tentang gunung merapi, misalnya foto letusan / erupsi dari tahun ke tahun, dokumen sejarah, dll. disini juga terdapat miniatur Gunung Merapi. sedangkan Ketep Volcano Theater adalah tempat pemutaran film yang menceritakan gunung Merapi, di bioskop mini ini kita bisa menyaksikan film tentang sejarah Gunung Merapi yang meliputi peristiwa terbentuknya Gunung Merapi, jalur-jalur pendakian, penelitian di puncak Garuda, letusan Gunung Merapi, dan berbagai peristiwa yang terjadi dalam rentetan waktu tertentu.

Ketep Volcano Theater
fasilitas lain yang disediakan di Ketep Pass adalah Gardu Pandang, berupa 2 buah gazebo untuk bisa menikmati pemandangan gunung Merapi dan Merbabu. Puncak tertinggi di Ketep Pass di sebut Pelataran Panca Arga, dari situ kita bisa melihat pemandangan elok 5 gunung di Jawa Tengah yaitu gunung Merapi, Merbabu, Slamet, Sumbing, dan Sindoro. Panca Arga sendiri berarti 5 Gunung.

Kedung Kayang Waterfall
setelah dari Ketep Pass nanggung sekali kalau tidak dilanjutkan berwisata ke Air Terjun Kedung Kayang.. jaraknya mungkin hanya beberapa menit saja dari Ketep Pass. air terjun Kedung Kayang masih alami, belum terlalu ramai pengunjung.. tapi dari situ lah kita bisa merasakan keindahannya. dari tempat parikir wisata ini, kita masih harus berjalan memutar sejauh sekitar 1 Km untuk berada di kaki air terjun. namun setelah itu kita akan disuguhi pesona air terjun kedung kayang yang menakjubkan.. tidak ada penjual disini, kalaupun ada mungkin pada hari-hari tertentu saja. karena itu saya sarankan anda membawa bekal snack dan air minum sendiri. [tapi jangan lupa sampahnya di bawa kembali ya.. hehehe]. Tiket masuk kawasan wisata air terjun Kedung Kayang kalau tidak salah sekitar Rp 5000.

0 komentar:

Posting Komentar