Selasa, 24 Januari 2012

KENAPA HARUS NAIK GUNUNG??

ada satu kutipan "suatu bangsa tidak akan pernah kekurangan pemimpin apabila generasi mudanya suka naik gunung..", kenapa harus naik gunung? apa enaknya naik gunung? yang ga suka naik gunung pasti heran dan bertanya-tanya, kenapa ada manusia yang rela capek-capek bawa tas segede karung beras terus jalan kaki berkilo-kilo meter? kenapa ada manusia yang rela ngabisin malam tidur di dalam tenda dengan suhu sedingin kulkas? atau bersusah payah jalan merangkak lewat setapak sempit berbatu? atau mengambil resiko tersesat di gelapnya hutan rimba? kenapa ga disini aja? tidur enak, makan minum enak, ngapa-ngapain aja juga enak.. kenapa harus dipersulit? kenapa harus naik gunung?

ya, memang kalau dilihat dari sudut pandang seperti itu, naik gunung sama sekali tidak menyenangkan.. apa asyiknya jalan kaki sejauh 17 km? apa senengnya tersesat di hutan rimba? mau makan aja harus susah payah masak dulu, apa enaknya? di gunung juga ga ada listrik, ga ada sinyal, ga bisa internetan, ga bisa chatting, ga ada mall, ga ada kamar mandi.. bahkan banyak gunung yang ga ada sumber airnya.. trus kenapa masih ada yang suka naik gunung?

kenapa harus naik gunung?
jawaban setiap orang pasti berbeda, ada yang karena menyukai tantangan, gemar berpetualang, ada yang karena mencintai keindahan, kedamaian, dll.. apapun alasannya, sebenarnya banyak sekali manfaat yang didapat dari naik gunung.. di gunung kita akan mengerti bahwa dalam hidup ini ada yang lebih penting dari uang atau karir, kita akan belajar tentang kebersamaan, kita akan belajar bahwa diperlukan sebuah perjuangan untuk mendapatkan sesuatu yang berharga. ketika tersesat kita akan belajar bagaimana berfikir dan bersikap cepat, tanggap, dan tepat.. dan saat itu kita dituntut untuk selalu tenang dalam menghadapi apa yang ada di depan kita, kita akan belajar tentang mengambil resiko, tentang tanggung jawab, tentang keberanian.. kita akan menguji diri kita sendiri, melewati batas - batas yang mengurung diri kita, dll..

selain itu, dengan menyaksikan keindahan alam negeri ini, akan tumbuh suatu perasaan cinta yang kuat pada tanah air.. rasa nasionalisme. kita akan lebih menghormati warna merah putih sebagai warna bendera kita..

Soe Hok Gie pernah berkata "kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami, kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. seseorang hanya bisa mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal objeknya. dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. karena itulah kami naik gunung"

memang benar, patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. dan tanpa bermaksud sinis, mungkin bukan kenaikan gaji, kendaraan dinas mewah, atau kantor-kantor megah yang dibutuhkan wakil-wakil kita dipemerintahan, tapi sebuah perjalanan mendaki gunung. berjalan melihat keindahan alam dari negeri yang mereka pimpin. berbicara dengan bangsa ini melalui lidah-lidah rakyat pedalaman, memahami jiwa bangsa ini dari dekat.. menghayati dan menghidupkan lagi pancasila sebagai ideologi bangsa..

di gunung kita akan meninggalkan semua yang membuat kita nyaman, fisik dan mental kita benar-benar di uji. untuk menikmati keindahan alam yang tersembunyi di balik bukit-bukit terjal kita harus berjuang dulu, berjalan melewati rimba, naik turun tanjakan berbatu.. namun ketika kita sampai di tujuan, kita akan merasa bangga telah melewati semua rintangan, dan sekaligus merasa begitu kecil dihadapan kebesaran tuhan. dari situ akan timbul suatu perasaan aneh yang selalu membuat kita ingin kembali ke alam..

"seorang yang mencapai puncak gunung, menjadi saksi atas keindahan semesta, tidak bisa ia tidak berfikir tentang kebesaran tuhan."

dan jika masih ada yang tanya kenapa ada yang suka naik gunung? saya kira tidak ada satupun dari kita yang bisa menjawabnya, tidak ada jawaban untuk pertanyaan seperti itu, di gunung hanya ada sesuatu untuk dirasakan namun sulit di jelaskan.. harus naik gunung untuk bisa mengerti jawabannya.. :)

0 komentar:

Posting Komentar