Kamis, 15 Maret 2012

Vatikan Pamerkan Arsip Rahasia

Roma: Masih ingat dengan film fenomenal sekaligus kontroversial Da Vinci Code? Film yang bercerita tentang pengungkapan legenda Piala Suci (Holy Grail) berdasarkan petunjuk yang ditinggalkan dalam karya-karya seniman terkenal dunia. Untuk mengungkap sedikit misterinya, Vatikan memamerkan puluhan dokumen langka dari Arsip Rahasia Vatikan, persis seperti film yang diadaptasi dari novel Dan Brown itu.
Vatikan Pamerkan Arsip Rahasia
Dailymail mewartakan, Kamis (1/3), bahkan, beberapa arsip juga pernah terlihat dalam film tersebut. Salah satunya, tanda tangan Galileo Galilei terlihat pada dokumen yang ditampilkan sebagai bagian dari pameran. Proses pengadilan Galileo yang dipajang di Museum Capitoline di Roma juga diperlihatkan.

Surat bersejarah bagi warga Inggris bertahun 1530 yang ditandatangani anggota parlemen meminta Paus Clement VII untuk pembatalan perceraian Raja Henry VIII. Selain itu, sebuah perkamen ungu ditulis dengan tinta emas berisi hak istimewa yang diberikan Otto I berada di antara dokumen itu. Bahkan, sebuah surat dari Khalifah Abu Hafs al-�Umar Murtada yang ditujukan kepada Paus Innocent IV bertanggal 10 Juni 1250 juga dipamerkan.

"Ini adalah hanya dokumen yang benar-benar bersejarah dan sangat berharga," ungkap Kardinal Bertone, salah seorang pengunjung.

Pejabat Vatikan telah mengambil 100 dokumen dari 1.000 lainnya yang disimpan di Arsip Vatikan yang telah tersimpan selama 1.200 tahun dari abad ke-8 sampai abad ke-20. Pameran dokumen itu akan digelar hingga September mendatang di di Museum Capitoline di Roma, Italia. Hanya sarjana dari suatu universitas terakreditasi saja yang boleh melihat pameran itu. Bahkan, jika ingin melihat arsip berharga itu, identitasnya harus benar-benar diperiksa.
sumber:berita.liputan6.com                                                   4.5

0 komentar:

Posting Komentar